Promosi

Salinan Naskah Asli Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji

Salinan Naskah Asli Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji

Gurindam merupakan karya sastra Melayu yang hingga kini masih diposisikan sebagai golongan puisi tinggi. Bait-bait syair dalam gurindam biasanya dilantunkan dengan ragam irama, lirik dan lagu; seperti mendendangkan syair. Tapi gurindam bukan lah syair.

Sementara Gurindam Duabelas (Raja Ali Haji) merupakan karya monumental yang berisi nasehat, tunjuk ajar dan atur cara hidup bermasyarakat. Ditulis dengan tulisan Arab Melayu, kemudian dilakukan transliterasi ke huruf latin.

Adapun naskah Gurindam Dua Belas di bawah ini merupakan salinan dari naskah aslinya (W 233) yang digawai oleh Afifuddin. Kemiripan bentuk dengan naskah aslinya sekitar 65%; sedangkan keutuhan bahasa dan struktur penulisannya mencapai 90%.

Naskah ini telah dipamerkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) sempena Festival Naskah Nusantara IV pada tanggal 14-22 September 2018 di Jakarta.

Salinan Naskah Asli Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji 1
Salinan Naskah Asli Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji 2

Salinan Naskah Asli Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji 3

Dikarenakan kurangnya kepustakaan contoh Arab Melayu di dunia maya dan dunia nyata, mudah-mudahan langkah ini akan menjadi gong untuk pemunculan contoh naskah Arab Melayu lainnya.


Posting Komentar

0 Komentar